Selasa, 27 November 2012

Agama dan Masyarakat

   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  agama adalah ajaran yang mengatur kepercayaan dan peribadatan kepada tuhan yang maha kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan manusia dan manusia serta lingkungannya. Masyarakat adalah sejumlah manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. 

   Jika saling dikaitkan, agama dan masyarakat saling berkaitan. Karena agama-lah yang mengatur cara manusia untuk bisa bermasyarakat & bersosialisasi. Masyarakat juga ketergantungan terhadap agama, karena mulai dari interaksi sosial, kebersamaan, sosialisasi, dll diatur dalam  setiap agama. 

Akan tetapi saat ini antara masyarakat dan agama mulai sedikit terpisah, karena banyak yang mungkin mengadu domba, sehingga banyak mulai terjadi perselisihan. Saya akan memberikan satu contoh dari perselisihan itu, yaitu: tawuran antar pelajar.

Tawuran antar pelajar sering sekali terjadi, terutama tawuran antar siswa SMA. Mungkin ini terjadi karena kurangnya ilmu agama mereka, karena ilmu agama menjadi dasar dari semua ilmu. Mulai dari adab berbicara, adab berteman, hingga yang lebih kompleks pun dijelaskan dengan detail.

Maka dari itu kita membiasakan diri mempelajari agama yang kita anut secara mendetail sejak dini, supaya ada dorongan untuk berubah menjadi baik, serta terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela yang dapat memperbanyak dosa.

Sumber :
http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar