Jumat, 08 Maret 2013

CONTOH MANUSIA DAN KEBUDAYAAN DALAM KESEHARIAN


Contoh dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan yang sering kita lakukan menerapkan topik “Manusia dan Kebudayaan”. Hal itu dikarenakan, antara manusia dan kebudayaan adanya saling berkaitan dan ketergantungan satu sama lain.
Di Indonesia, banyak sekali kebudayaan yang hampir punah seiring perkembangan jaman. Misalnya dalam dunia musik, semakin lama musik dangdut dan kroncong mulai bergeser dengan musik korea atau sering disebut k-pop. Dengan keadaan yang seperti ini, seharusnya jenis-jenis musik yang ada tetap dikembangkan hingga mancanegara. Sehingga bisa menjadi identitas suatu bangsa atau negara itu sendiri.
Kebudayaan telat, merokok, buang sampah sembarangan, juga sepertinya telah menjamur dimasyarakat Indonesia saat ini. Karena seperti yang telah kita ketahui, disetiap trotoar ibukota kita dapatmenemukan sampah. Entah sampah bungkus permen, tissue, kertas, maupun botol minuman.
Taman-taman di ibukota pun juga banyak yang diberi tanda no smoking area hanya menjadi hiasan belaka. Karena banyak yang melanggarnya, seakan akan merokok menjadi budaya yang lumrah. Akan tetapi, rokok juga mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi penikmatnya maupun orang sekitarnya.
Contoh yang berikutnya yaitu kebudayaan makanan tradisional, misalnya tempe. Menurut masyarakat Indonesia, tempe adalah makanan untuk orang kalangan menengah kebawah. Akan tetapi, di luar Negara Indonesia, tempe menjadi makanan yang sangat mahal, dan digemari oleh masyarakat kalangan manapun.
Masih banyak lagi kebudayaan negative yang telah menjamur dikalangan masyarakat di Indonesia. Akan tetapi dari kebudayaan negative tersebut juga diimbangi dengan kebudayaan yang positif. Contohnya kebudayaan membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok pada no smoking area, mematuhi peraturan lalu lintas, dan yang lainnya lagi.
Dari kebudayaan yang negative itu, seharusnya dimulai dari usia dini, untuk meminimalisir hal-hal yang kita ketahui negative positinya dari kebudayaan tersebut. Bisa memilah-milah hal yang baik dan buruk yang kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar